Saturday, February 8, 2014

ARTIKEL PENCEMARAN AIR


PENCEMARAN AIR

            Pencemaran terhadap air salah satunya adalah tergantung dari sumber pencemar yang  dapat memasuki badan air.
SUMBER PENCEMARAN AIR
Berbagai jenis pencemar dapat memasuki air dan ditinjau dari sumber pencemarannya debedakan menjadi dua yaitu:
1.      Sumber domestic
Sampah domestic merupakan sampah yang sehari-hari dihasilkan akibat kegiatan manusia secara langsung. Sumber pencemar domestic berasal dari rumah tangga, perkampungan, pasar, sekolah, pemukiman, rumah sakit, dan lain sebagainya.
2.      Sumber non domestic
Sampah dari kelompok ini adalah sampah yang dihasilkan dari kegiatan manusia sehari-hari, tetapi tidak secara langsung. Beberapa contoh dari sampah non domestic adalah sampah dari pabrik, sampah industry, sampah pertanian, sampah peternakan, sampah peternakan, sampah kehutanan, transportasi, dan sebagainya. Baik secara langsung maupun tidak langsung kersebut mempengaruhi kualitas air. Pengaruhnya adalah untuk air minum, air industry, dan untuk keperluan lainnya.
DAMPAK PENCEMARAN TERHADAP AIR
                                                                                                                                                        Semakin tingginya buangan yang memasuki air, dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit bagi manusia. Penderita penyakit-penyakit akibat dari pencemaran oleh samph domestic dan sampah non domestic akan semakin meningkatkan apalagi ditinjang oleh sanitasi yang kurang baik.pencemar dari sampah non domestic banyak dialami oleh Negara-negara maju, terutama adalah kehadiran berbagai jenis logam berat (Pb, Hg, Cu dan sebainnya) kedalam air yang berasal dari industry. Demikian juga residu deterjen, minyak bumi dan bahan bakar lainnya yang terutama diigunakan oleh industry.
Pencemaran domestic yang memasuki air sebagian besar diakibatkan oleh kehadiran jasad renik.

No comments:

Post a Comment