Saturday, February 8, 2014

MAKALAH IAD


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science), merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang essensial saja.
Pada pembahasan makalah kali ini kami akan membahas Ilmu Alamiah Dasar secara lebih spesifik lagi, yaitu pembahasan mengenai Dampak Teknologi Terhadap Lingkungan. Seseorang menggunakan teknologi karena ia memiliki akal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman, mudah, nyaman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat-perangakat mesin, seperti computer, kendaraan, handphone, dan lain sebagainya.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Meskipun ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia, faktanya tidak dipungkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu dan banyak pula pengaruhnya, baik yang positif maupun negatif.

1.2    Rumusan Masalah
Rumusan masalah Makalah ini sebagai berikut:
1.2.1        Apakah pengertian teknologi?
1.2.2        Bagaimana perkembangan teknologi?
1.2.3        Apakah macam-macam teknologi?
1.2.4        Apakah manfaat teknologi?
1.2.5        Apakah dampak teknologi terhadap lingkungan?
1.3    Tujuan Pembahasan
Setelah mempelajari makalah ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki pemahaman tentang Ilmu Alamiah Dasar sebagai pengantar ke arah pengajaran, maka dari itu tujuan makalah ini supaya mahasiswa dapat mendeskripsikan tentang:
1.3.1        Teknologi
1.3.2        Perkembangan teknologi
1.3.3        Macam-macam teknologi
1.3.4        Manfaat teknologi
1.3.5        Dampak teknologi terhadap lingkungan

1.4    Manfaat Pembahasan
Untuk memberi wawasan, pengetahuan dan pembelajaran tentang apa yang dimaksud dengan teknologi mulai dari perkembangan teknologi bagi manusia, macam-macam teknologi serta bagaimana manfaat teknologi yang memiliki dampak positif dan negatif terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment