Saturday, March 1, 2014

MAKALAH SASTRA


KATA PENGANTAR

Puji syukur serta terimakasih yang tak terhingga penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Teori Sastra”. Penulisan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi penugasan mata kuliah Teori Sastra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia semester satu di Universitas Islam Majaphit Mojokerto. Penulis menyadari bahwa sebagai manusia biasa di dunia ini tiada yang sempurna, sehingga penulisan makalah ini juga masih terdapat kekurangan-kekurangan. Oleh karna itu  merupakan kebahagiaan tersendiri bagi penulis,  jika terdapat kritik dan saran dari pembaca yang sifatnya konstruktif kearah penyempuranaan makalah ini.
Penulis juga menyampaikan rasa hormat dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:
  1. Bapak Prof. DR. Machmoed zain, APU selaku Rektor UNIM.
  2. Bapak Dr. Ludi Wisnu Wardana ST, SE, SPd, MM selaku dekan Fakltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
  3. Bapak Syamsun M. A., M. Ag. Selaku dosen pengampu prodi Bahasa dan sastra Indonesia, yang memberikan tuntunan serta bimbingan dengan penuh kesabaran dan kearifan.
  4. Teman-teman Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia kelas pagi semester satu atas kerja samanya dan semua teman main di kampus.
Semoga Allah SWT memberikan balasan yang setimpal atas segala jasa dan budi baik dari semua pihak yang telah diberikan kepada penulis dalam rangka penyusunan makalah ini. Akhir kata penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak. Amin ya robbal alamin.

Mojokerto, 28 Oktober 2011
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR        ..................................................................................          i
DAFTAR ISI                       ..................................................................................          ii
BAB  I                                       
            1.1       Pendahuluan ..................................................................................             1
            1.2       Rumusan Masalah       ....................................................................    1
            1.3       Tujuan Pembelajaran  ....................................................................... 1
BAB    II         PEMBAHASAN       
ILMU SASTRA, SENI SASTRA, TEORI SASTRA
2.1       Mendeskripsi Ilmu sastra................................................................    2
            2.2       Mendeskripsi Seni Sastra..................................................................  4
            2.3       Mendeskripsi Teori Sastra ................................................................  5
                        3.1       Bahasa Sastra  ..................................................................      6
                        3.2       Manfaat Sastr  .................................................................       7
BAB III          PENUTUP                  ................................................................        10
            3.1       Kesimpulan                            
            3.2       Saran                                      








BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Sastra sebagai cabang seni, yang mempunyai unsur integral dari kebudayaan, usianya cukup tua. Kehadiran sastra hampir bersamaan dengan adanya manusia, karena sastra diciptakan dan dinikmati manusia. Sastra telah menjadi bagian manusia, baik dari segi aspek memanfaatkan maupun segi aspek penciptaannya, sehingga manusia mengekspresikan pengalaman batinnya ke dalam karya sastra.
 Karya sastra ditinjau dari segi pencipta (pengarang dalam sastra tulis dan pawang atau pelipur lara dalam sastra lisan), merupakan pengalaman batin penciptanya menyangkut kehidupan masyarakat dalam situasi dan kurun waktu budaya tersebut.
Dalam karya sastra dilukiskan keadaan dan kehidupan sosial, peristiwa-peristawa, ide dan gagasan, serta nilai-nilai suatu masyarakat yang diamanatkan melalui tokoh-tokoh cerita. Sastra mempersoalkan manusia dalam berbagai aspek kehidupannya, sehingga karya sastra berguna untuk mengenal manusia, kebudayaan serta zamannya.
Sejak masa prasejarah, masyarakat Indonesia lama telah menggunakan bentuk-bentuk mantra dan mitos dalam upacara-upacar keagamaan dalam berbagai sektor kehidupan. Misalnya dalam suatu masyarakat ada yang sakit, maka dipanggillah seorang tabib untuk mengobati dengan menggunakan mantra-mantra.
Dalam pergaulan masyarakat berbagai jenis pantun kerap didendangkan orang baik sebagi nasehat, hiburan, maupun curahan hati. Begitupun berbagai jenis bidal ysng hidup dikalangan masyarakat petani dan nelayan, ungkapan perasaan dan kebiasaan hidup mereka. Sementara pelipur lara selalu menghibur masyarakat di kala waktu senggang. Lewat pertemuan mereka dengan sastra para peminat dapat memperoleh kesadaran tentang kehidupan. Melalui mereka kita memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang manusia, dunia serta kehidupan.
Di zaman moderen ini kedudukan sastra semakin penting, karna sastra diaspirasikan masyarakat untuk memperhalus budi pekerti dan memperkaya spiritual serta hiburan, melainkan masuk dalam kurikulum sebagai pengetahuan budaya. Bahkan di perguruan tinggi khususnya di fakultas perguruan bahasa dan sastra seperti yang kita pelajari ini telah mempelajari dan mengembangkan karya sastra sebagai ilmu, dalam wujud ilmu sastra dengan cabang-cabangnya yakni teori sastra, kritik sastra, sejarah sastra, serta filologi.
1.2  Rumusan Masalah
Rumusan masalah makalah ini sebagai berukut:
1.2. 1 Apakah pengertian ilmu sastra?

No comments:

Post a Comment