Saturday, March 1, 2014

RESUME SEBUAH IDENTITAS WANITA DALAM PERJALANAN SEJARAH


RESUME
CITRA
SEBUAH IDENTITAS
Wanita Dalam Perjalanan Sejarah
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Membaca Intensif

Dosen Pengampu
Suyadi, S.Pd., M.Pd.

Oleh
Halimatus Sa’diyah
Nim: 5.11.06.13.0.007

UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
MOJOKERTO
2011








JUDUL BUKU
CITRA SEBUAH IDENTITAS, Wanita Dalam Perjalanan Sejarah
Karya
Said Abdullah Seif Al-Hatimy

Penerbit
RISALAH GUSTI
Jl. Ikan Mungsing XIII/1
Surabaya








Quetion
1.    Bagaimana kedudukan wanita di India?
2.    Bagaimana peradaban Yunani memperlakukan wanita?
3.    Seperti apa pandangan negara Roma terhadap wanita?
4.    Seperti apa kedudukan wanita dalam kelompok budak?
5.    Posisi dan kedudukan wanita di Cina itu seperti apa?jelaskan!
6.    Bagaimana pandangan masyarakat Yahudi dan Masyarakat Kristen terhadap wanita?
7.    Seperti apa pandangan Manu dan Kristen tentang wanita?
8.    Perlakuan seperti apa yang diterima wanita dizaman pra-Islam di Arab?
9.    Apa alasan anak wanita dibunuh di zaman Jahiliah?
10.    Mengapa Adam dan Hawa dikutuk?
11.    Apakah hak-hak asasi wanita dalam Islam?
12.    Apa kewajiban agama bagi wanita?
13.    Apakah yang dimaksud dengan pernikahan dalam islam?
14.    Apa keuntungan laki-laki dibanding wanita?
15.    Apa yang dimaksud wanita tetap menyandang nama keluarganya?
16.    Apa definisi dari poligami?
17.    Ada berapa perbedaan poligami?sebutkan dan jelaskan!
18.    Mengapa islam melarang poliandri?
19.    Ada berapa analisa perbandingan antara laki-laki dan perempuan?
20.    Seperti apa islam mengatur poligami?
21.    Berikan alasan-alasan Nabi Muhammad menikahi sembilan istri?
22.    Mengapa Nabi menikah 9 istri sedangkan umatnya cukup 4 istri saja?
23.     Apa pengertian islam melindungi wanita suci?
24.    Sebutkan harapan kepada laki-laki dan wanita?
25.    Sebutkan bukti yang memperkuat tuduhan berzina untuk dapat penghukuman?
26.    Sebutkan sebab-sebab seseorang berbuat zina?
27.    Apa yang dimaksud dengan wanita Neo-Jahiliyah?

Jawaban
1.    Kedudukan wanita di India yaitu wanita harus selalu dalam lindungan pengawasan laki-laki baik siang atau malam.
2.    Dizaman peradapan Yunani kuno memperlakukan wanita dengan memaksa menikah tanpa persetujuan sang wanita.
3.    Masyarakat Roma memandang wanita/istri seperti balita, anak remaja yang slalu diawasi.
4.    Kedudukan wanita dalam kelompok budak sang wanita terbiasa melakukan zina sebelum proses pernikahan.
5.    Posisi kedudukan wanita di Cina lebih buruk dibandingkan dengan berbagai kawasan lain didunia, bahkan masyarakat cina juga menganggap wanita adalah makhluk yang tidak beruntung.
6.    Wanita menurut pandangan Yahudi ialah wanita sebagai makhluk yang lebih rendah dibandungkan laki-laki. Sedangkan msyarakat kristen menganggap wanita dihadirkan dipintu neraka sebab wanita ibu dari semua penderiataan manusia.
7.    Wanita itu tidaklah mempunyai jiwa dan kediamannya adalah di neraka.
8.    Pada zaman pra-islam masyarakat memandang wanita sebagai makhluk yang berkedudukan sangat rendah, bahkan bayi-bayi wanita mereka tanam hidup-hidup.
9.    Karena wanita tidak pantas menunggang kuda, membawa senjata dan bertempur dengan musuh, bahkan wanita menjadi beban dalam pertempuran dan menjadi incaran untuk dijadikan alat penghibur.
10.    Karena Adam dan Hawa sama-sama melanggar perintah Allah SWT.
11.    Hak asasi wanita yaitu wanita diciptakan untuk menjadi istri, menjadi ibu untuk anak-anaknya, seperti yang difirmankan Allah dalam Alqur’an
12.    Wanita dalam menjalankan syareat agama atau kewajiban tidak beda dengan laki-laki, bahkan wanita dibebaskan dari kewajiban salat dan puasa ramadhan selama menjalani haid, dan pada saat nifas.
13.    Pernikahan yaitu ikatan alami antara dua insan agar membuat semuanya menjadi baik atau halal.
14.    Istri dan suami mempunyai hak yang sama mengemban kewajiban untuk dipikul bersama, kecuali dalam satu hal atau tanggung jawab kepemimpinan.
15.    Yaitu seseorang wanita tetap dapat menyandang dan mempertahankan identitas dirinya secara utuh yaitu nama keluarganya.
16.     Poligami didenifisikan sebagai pernikahan dengan lebih dari sepasang sekaligus.
17.    Poligami dibedakan menjadi 2 yaitu poliandri ialah seorang istri dengan beberapa orang suami, sedangkandan poligini ialah seorang suami dengan beberapa orang istri.
18.    Karena didalam islam seorang anak harus dipanggil sesudah nama ayahnya, pada poliandri sulit untuk menemukan ayah yang tepat dari seorang anak, karena kemungkinan terdapat lebih dari dua orang suami.
19.    Analisa perbandingan ada tiga yaitu 1). Jumlah laki-laki sebanding jumlah kaum wanita. 2). Jumlah wanita melebihi jumlah laki-laki. 3). Jumlah laki-laki melebihi jumlah wanita.
20.    Islam mengorganisir dan membatasi poligami hingga 4 istri di bawah peraturan yang tegas tentang keadilan.
21.    Rasulullah SAW menikahi istri-istrinya semata-mata untuk kebahagiaan dan kedamaian rumah tangga.
22.    Karena ketika beliau wafat dan meninggalkan 9 janda, dan tidak ada pemngikut beliu yang pumya lebih dari 4 istri, sebagaimana sabda beliau kepada umatnya untuk memilih 4 istri saja dan menceraikan sisanya.
23.    Yaitu islam melindungi kehormatan dan hubungan-hubungan seseorang, dan islam membatasi dorongan sex agar orang tidak seperti binatang ternak yang memuaskan hawa nafsunya.
24.    1).  Izinkanlah saya untuk mengingatkan sekali lagi kepada para wanita muslimat, 2). Tidak ada wanita salehat yang memakai pakaian laki-laki atau meniru prilakunya, 3). Termasuk berdosa dengan melakukan segala macam yang merusak tubuhnya,.
25.    1). Adanya 4 orang saksi mata, 2). Pengakuan mereka yang terlibat, 3). Bukti yang mendukung (hamil), 4). Li’an.
26.    Sebab sosial, ekonomi, hukum,.
27.    Wanita Neo-Jahiliyah adalah wanita super sibuk dengan berbagai urusan yang bersifat pribadi.











Sumaries
Kedudukan wanita sebelum islam di India, Yunani, Roma, kelompok budak Cina, Yhudi, Kristen, Arab pada dasarnya kedudukan wanita sama yakni wanita dianggap makhluk yang rendah.
Dizaman Jhiliyah anak-anak wanita dikubur hidup-hidup karena dianggap tidak pantas menunggang kuda, membawa senjata dan bertempur melawan musuh serta wanita hanya menyusahkan dalam medan pertempuran serta sebagia incaran untuk memuaskan hawa nafsu.
Seperti diajarkan islam wanita tidak dikutuk atas kesalahan Adam, ketika Adam dan Hawa disurga melanggar perintah Allah untuk tidak memakan buah khuldi tetapi mereka memakannya, sehingga Allah murka dan mengutuknya untuk tinggal dibumi.
Dalam islam wanita mempunyai hak asasi yang meliputi sebagai istri, sebagai ibu dari anak-anaknya. Dan wanita memiliki kewajiban yang sama dengan laki-laki dalam hal menjalankan ibadah, kecuali wanita yang dalam masa haid dan nifas maka wanita dibebaskan untuk tidak menunaikan kewajiban.
Pengertian pernikahan dalam islam yaitu sebuah ikatan alami dari laki-laki dan perempuan sebagai mana dijelaskan dalam Al-Qur’an bahwa segala sesuatu diciptakan secara berpasang-pasangan.
Keuntungan laki-laki dibanding perempuan yaitu laki-laki sebagai pemimpin yang mengemban tanggung jawab atas istri dan anak-anaknya.
Definisi poligami aialh pernikahan dengan lebih dari sepasang suami atau istri sekaligus. Poligami dibedakan menjadi dua yaitu poliandri dan poligini.
Islam melarang poliandri karena dalam islam seorang anak harus dipanggil sesudah nama ayahnya dan dalam poliandri sulit untuk menemukan ayah yang tepat karena kemungkinan terdapat lebih dari seorang suami.
Mengapa mesti poligami? Karena menurut analisa tentang perbandingan jumlah laki-laki dan wanita dapat dirumuskan 1). Jumlah laki-laki sebanding jumlah wanita, 2). Jumlah wanita melebihi jumlah laki-laki, 3). Jumlah laki-laki melebihi jumlah wanita.
Alasan-alasan Rasulullah menikahi 9 istri ada musuh mengatakan bahwa Rasulullah menikahi istri-istrinya semata hanya untuk kepentingan pribadinya, ada juga alasan Rasulullah menikahi istri semata untuk kebahagiaan dan kedamaian rumah tangga.
Nabi menikahi dengan 9 istri sedangkan umatnya hanya 4 istri karena ketika Nabi SAW wafat, beliau meninggalkan sembilan janda dan tidak ada seorangpun dari pengikut beliau yang punya lebih dari 4 istri. Sebagai mana sabdanya untuk memilih 4 istri dan meceraikan sisanya.
Islam melindungi wanita suci ialah melindungi kehormatannya, agar manusia tidak seperti binatang yang memuaskan hawa nafsu oleh karena itu  islam mengendalikan sex dengan peraturan tertentu.
Penghukuman zina jika seseorang menuduh orang tertentu telah berzina maka tuduhan tersebut harus diperkuat dengan saksi mata, pengakuan, bukti (hamil), lia’n. Sebab-sebab utama yang mendorong berbuat zina diantanya sebab sosial, ekonomi, dan hukum.












Test
1.    Sebutkan negara yang menyangkut kedudukan wanita dalam perjalanan sejarah sebelum islam? Yaitu negara India, Yunani, Roma, Skandinavia, Cina, dan Arab.
2.    Dikota mana anak-anak wanita ditanam hidup-hidup pada zaman pra-islam? Dikawasan Arabia tepatnya di kota Mekkah.
3.    Di India seorang istri memanggil suami dengan sebutan apa? Seorang wanita memanggil suami dengan sebutan “Yang Mulia atau Tuhanku”
4.    Bangsa Arab Jahiliyah menerima kehadiran wanita dengan dua cara sebutkan! Yaitu 1). Mayoritas mereka menguburkan anak wanitanya hidup, karena mereka menganggap terkubur juga segala aib yang menimpa dirinya, 2). Dengan tetap memelihara anak wanita, namun dilakukannya secara tidak adil dan jauh dari nilai-nilai kemanusiaan.
5.    Jelaskan rahasia pernikahan dalam islam? Rahasinya adalah sebagai ketenangan dan kedamaian pikiran, cinta dan kasih sayang, serta menanamkan rasa  saling memahami.
6.    Apakah seorang suami lebih tinggi kedudukannya dibanding dengan istri? Seoarang laki-laki diberi derajat yang menguntungkan dalam hal pemeliharaan dan perlindungan bukan dalam  hal kedudukan.
7.    Apakah yang dimaksud pemisahan badan dalam perceraian? Maksudnya yaitu suami dan istri berpisah selamanya, tetapi masyarakat masih memandang wanita itu sebagai istri dari suaminya.
8.    Mengapa pemuda memperdaya gadis-gadis belia dengan janji menikahinya? Karena pernikahan dapat diidentikkan dengan ketenangan pikiran, istirahat, keamanan, kemandirian, memiliki anak dan lain sebagainya.
9.    Sebutkan ketentuan pakaian muslimat? Yaitu: 1). Menutup seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah, 2). Memakai pakaian yang tidak ketat, 3). Pakaian tidak boleh transparan, 4). Warnanya tidak sampai menarik perhatian laki-laki “pamer”, 5). Tidak menyamai pakaian laki-laki, 6). Harus bisa membedakan pakaian orang-orang tidak beriman, 7). Bukan untuk mengejar popularitas dan penghargaan.  

No comments:

Post a Comment